Proposal PTK Penelitian Tindakan Kelas SD

Proposal PTK Penelitian Tindakan Kelas SD

Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. [1] PTK merupakan salah satu publikasi ilmiah dalam konteks pengembangan profesi guru secara berkelanjutan yang ditujukan untuk perbaikan dan peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran atau mutu pendidikan pada umumnya. 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berkembang dari istilah penelitian tindakan (action research) (Sanjaya, hal. 24). Oleh karena itu, untuk memahami pengertian PTK perlu ditelusuri pengertian penelitian tindakan terlebih dahulu. Penelitian tindakan mulai berkembang di Amerika dan berbagai negara di Eropa, khususnya dikembangkan oleh mereka yang bergerak di bidang ilmu sosial dan humaniora (Basrowi & Suwandi, hal. 24-25). Orang-orang yang bergerak di bidang itu dituntut untuk terjun mempraktikkan suatu tindakan atau perlakuan di lapangan. Mereka berarti langsung mempraktikkan tindakan yang telah direncanakan dan mengukur kelayakan tindakan yang diberikan tersebut. Menurut Kemmis (1988), penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka (Sanjaya, hal. 24).
Proposal PTK Penelitian Tindakan Kelas SD
Proposal PTK Penelitian Tindakan Kelas SD
Dalam hal ini, penelitian tindakan memiliki kawasan yang lebih luas daripada PTK. Penelitian tindakan diterapkan di berbagai bidang ilmu di luar pendidikan, misalnya dalam kegiatan praktik bidang kedokteran, manajemen, dan industri (Basrowi & Suwandi, hal. 25). Bila penelitian tindakan yang berkaitan pada bidang pendidikan dilaksanakan dalam kawasan sebuah kelas, maka penelitian tindakan tindakan ini disebut PTK.

Penyusunan proposal atau usulan penelitian merupakan langkah awal yang harus dilakukan peneliti sebelum memulai kegiatan PTK. Proposal PTK dapat membantu memberi arah pada peneliti agar mampu menekan kesalahan yang mungkin terjadi selama penelitian berlangsung. Proposal PTK harus dibuat sistematis dan logis sehingga dapat dijadikan pedoman yang mudah diikuti. Proposal PTK adalah gambaran terperinci tentang proses yang akan dilakukan peneliti (guru) untuk memecahkan masalah dalam pelaksanaan tugas (pembelajaran).
Proposal atau sering disebut juga sebagai usulan penelitian adalah suatu pernyataan tertulis mengenai rencana atau rancangan kegiatan penelitian secara keseluruhan. Proposal PTK penelitian berkaitan dengan pernyataan atas nilai penting dari suatu penelitian. Membuat proposal PTK bisa jadi merupakan langkah yang paling sulit namun menyenangkan di dalam tahapan proses penelitian. Sebagai panduan, berikut dijelaskan sistematika usulan PTK.
contoh format sistematika penyusunan Proposal adalah sebagai berikut:
Sistimatika Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

HALAMAN JUDUL
DAFTAR ISI

BAB    I PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

B. Rumusan Masalah

C. Tujuan Penelitian

D. Manfaat Penelitian


BAB  II KAJIAN PUSTAKA, KERANGKA BERPIKIR, DAN HIPOTESIS

A. Kajian Pustaka

B. Kerangka Berpikir

C. Hipotesis Tindakan (jika ada)


BAB III  METODEPENELITIAN

A.  Tempat dan Waktu

B.  Desain Penelitian

C. Subjek Penelitian

D. Data dan Sumber Data

E. Teknik Pengumpulan Data

F.  Teknik Uji Validitas Data

G. Teknik Analisis Data

H. Indikator Capaian Penelitian

I.   Prosedur Penelitian

DAFTAR PUSTAKA

Berikut ini kami bagikan contoh contoh kumpulan Proposal PTK untuk jenjang SD dengan berbagai judul seperti penggunaan media,penerapan metode dan penerapan Model pembelajaran yang sekarang di tekankan pada pembelajaran kurikulum 2013.

Silahkan unduh file tentang ontoh kumpulan Proposal PTK untuk jenjang SD di bawah ini:














PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV

Demikian materi terkait dengan contoh proposal Penelitian Tindakan Kelas(PTK) untuk jenjang SD.Semoga bermanfaat dan sesuai dengan harapan bapak/ibu guru.

0 Response to "Proposal PTK Penelitian Tindakan Kelas SD"

Post a Comment